AUDIT ISO 17065

ISO 17065 merupakan panduan internasional tentang kriteria untuk lembaga yang akan menjalankan sistem sertifikasi produk. Tentunya, sistem tersebut dijalankan mulai dari proses pembuatan produk, proses, hingga jasa.

Jika sebuah lembaga mendapatkan akreditasi sesuai persyaratan ISO/IEC Guide 17065, berarti harus ada pedoman yang mengacu pada panduan tersebut. Salah satunya, yakni untuk memberikan jaminan badan akreditasi mampu menyesuaikan permohonan terhadap standar yang diperlukan ketika mengakses lembaga sertifiklembaga n sertifikasi produk perikanan, sehingga dalam hal ini UPTD. PPMHP wajib dan telah menjalankan ISO 17065  yang merupakan persyaratan lembaga sertifikasi.

audit 17065 ini bertujuan untuk mengevaluasi tata kerja teknis lembaga sertifikasi seperti UPTD.PPMHP Bali, sehingga nantinya dapat terakreditasi dan dapat memberikan pelayanan secara prima mengenai sertifikasi produk perikanan terhadap customer.

ISO/IEC Guide 17065 mempunyai beberapa kriteria ideal yang harus diuji dalam persyaratan sesuai pedoman BSN. Berikut kriterianya.

  1. Syarat-syarat umum terdiri dari manajemen ketidakberpihakan, hukum dan kontrak, kondisi nondiskriminasi, tanggung gugat dan keuangan, ketersediaan informasi publik, serta kerahasiaan.
  2. Syarat-syarat struktur terdiri dari manajemen puncak, struktur organisasi, dan prosedur untuk menjaga lembaga agar tidak berpihak.
  3. Syarat sumber daya yang terdiri dari keberadaan sumber daya (SDM) untuk evaluasi dan pengelolaan tim lembaga sertifikasi.
  4. Syarat proses yang terdiri dari unsur berikut ini.
  5. Pengajuan permohonan
  6. Tinjauan permohonan
  7. Proses evaluasi
  8. Tinjauan evaluasi
  9. Keputusan sertifikasi
  10. Dokumentasi sertifikasi
  11. Direktori produk yang akan disertifikasi
  12. Proses survailen
  13. Beberapa Perubahan yang mempengaruhi sertifikasi
  14. Keadaan proses sertifikasi, yaitu penghentian, pengurangan, pembekuan, maupun pencabutan
  15. Proses rekaman, keluhan, dan banding
  16. Syarat-syarat sistem manajemen terdiri dari beberapa hal ini.
  17. Dokumentasi sistem manajemen
  18. Pengendalian dokumen
  19. Pengendalian rekaman
  20. Tinjauan manajemen
  21. Audit internal
  22. Tindakan korektif
  23. Pencegahan